3 Keutamaan Puasa Enam Hari Bulan Syawal Sesuai Hadist Rasulullah SAW

  • Whatsapp
BuletinIslam | Bagi Umat Islam, menyambut bulan Ramadhan bagaikan menyambut tamu agung, yang hanya datang tiap tahunnya. Bagaimana tidak, Ramadhan sebagai bulan suci, di dalamnya ada pahala pelipat gandaan pahala yang tentunya tidak ditemukan di bulan-bulan lainnya.
Keutamaan Puasa Enam Hari Bulan Syawal Sesuai Hadist Rasulullah SAW
Dan ternyata, puasa ramadhan juga memiliki keistimewaan pada bulan setelahnya, yakni Bulan Syawal, terutama untuk puasa enam hari, atau dikenal dengan puasa enam hari di bulan Syawal.
Ada banyak keistimewaan dan keutamaan yang bisa diperoleh seseorang, yang sebelumnya sudah menunaikan ibadah puasa sebulan penuh, kemudian dilanjutkan dengan puasa 6 hari setelahnya, yakni di bulan Syawal. Apa saja keutamaannya?

Tiga Keutamaan Puasa Enam Hari di Bulan Syawal

Ada banyak riwayat hadits tentang puasa selama enam hari di bulan Syawal, pasca menunaikan ibadah puasa Ramadhan sebulan penuh, antara lain, hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim :
عَنْ أَبي أَيوبِ رضي الله عنه، أَنَّ رسولَ اللَّهِ ﷺ قَالَ: مَنْ صَامَ رَمَضانَ ثُمَّ أَتَبَعَهُ سِتًّا مِنْ شَوَّالٍ كانَ كصِيَامِ الدَّهْرِ
Artinya “Dari Abi Ayyub ra. bahwa sesungguhnya Rasulullah SAW. bersabda, Barang siapa telah berpuasa Ramadhan kemudian melanjutkan dengan puasa enam hari dari bulan Syawal, maka seakan-akan dia berpuasa setahun penuh”
Dari hadits diatas, sudah bisa diambil kesimpulan bahwa pahala bagi yang bersabar untuk menunaikan puasa selama enam hari, setelah ia selesai melaksanakan puasa ramadhan sebulan penuh, ada imbalan pahala, seakan-akan dia melaksanakan puasa selama satu tahun penuh.
Dan dari ragam dalil hadits lain, setidaknya ada beberapa keutamaan yang akan didapat antara lain:

#1 Pahala satu tahun penuh

Keutamaan yang pertama ini berdasarkan pada hadit diatas, yang ternyata juga diriwayatkan oleh sejumlah ahli hadits, antara lain Abu Dawud, At-Tirmidzi, An-Nasa’i dan Ibnu Majah
 

#2 Pahala kebaikan dilipatgandakan menjadi sepuluh kalilipat

Dalam hadits lain Rasulullah menegaskan bahwa kebaikan yang dilakukan pada saat puasa di bulan syawal selama enam hari ini akan dilipat gandakan menjadi sepuluh kalilipat dibandingkan dengan bulan lainnya.
 

#3 Menutupi Kekurangan Saat Puasa Ramadhan

Keistimewaan lainnya dari puasa di bulan Syawal ini, adalah sebagai penyempurna dari pelaksanaan puaasa wajib sebelumnya.
Diakui atau tidak, kita tetap akan merasa ada kekurangan saat berpuasa di Bulan Ramadhan, dan untuk menutupi kekurangan tersebut, kita diberi kesempatan untuk menunaikan puasa enam hari pada bulan syawalnya.
Dari keutamaan tersebut, tentu kita akan termotivasi untuk bersabar sejenak dengan menunaikan puasa enam hari di bulan Syawal, sebab pahala dan keutamaan yang dijanjikan sangat besar dan agung. semoga bermanfaat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *