Beberapa Tips Cara Cepat Menghafal Al-Qur’an

  • Whatsapp

seperti yang sudah kita ketahui bahwa menghafal Al-Quran bukanlah hal yang mudah, bahkan kadang untuk menghafal satu surat pun butuh waktu lama bisa, Kadang tak jarang surat yang sudah dihafal pun tidak bertahan lama untuk hafalan di luar kepala.

menghafal Al-Quran memiliki banyak keutamaan salah satunya adalah kelak di dalam surga akan diberikan derajat yang tinggi. Bahkan penghafal Al-Quran dapat memberikan mahkota di surga untuk kedua orang tau dan terbebas dari api neraka.

Bacaan Lainnya

Untuk itu jika sungguh-sungguh ingin menghafal Al-Quran hendaknya kita mulai belajar memanfaatkan waktu dengan baik, mencari cara terbaik untuk mewujudkan keinginan tersebut dan yang paling penting adalah meluruskan niat agar apa yang hendak kita lakukan dapat bertahan lama atau bisa kita lakukan secara konsisten.

berikut beberapa tips cara cepat menhafal al-qur’an:

1. Mengakrabkan Diri dengan Al-Quran

Akrab dengan Al Qur’an merupakan salah satu cara menghafal Al Qur’an dengan mudah dan cepat yang paling ampuh. Perbanyak waktu untuk berinteraksi dengan Al Qur’an.

 Jangan berfikir metode menghafal Al Qur’an yang sulit terlebih dahulu, tetapi pikirkan bagaimana caranya untuk memulai membaca 5 juz per hari atau harus menghafal 1 ayat per hari.

2. Memperbaiki Bacaan

Sebelum memulai cara menghafal Al Qur’an, sangat penting untuk mengecek kembali kualitas bacaan yang kita miliki. Berikan waktu untuk memperbaiki bacaan Al Qur’an agar hafalan menjadi lebih sempurna.

Hal ini juga perlu dilakukan agar kita terhindar dari salah dalam membaca dan membuat kekeliruan. Menghafal Alquran memang mempunyai keutamaan yang banyak, tetapi harus dilakukan dengan cara yang baik dan benar.

3. Sering Melakukan Murojaah/tikror (Mengulang Bacaan)

Semakin sering mengulangi satu ayat, maka akan lebih mudah ayat tersebut melekat di dalam ingatan kita. Jangan terburu-buru menambah hafalan tanpa mengulang ayat sebelumnya berkali-kali. Hal ini untuk mengurangi risiko hilangnya hafalan tersebut.

Sangat disarankan untuk mengulang murojaah/tikror sesering mungkin agar ayat yang sudah kita hafalakan bisa melekat di ingatan kita dalam waktu yang lama.

4. Pasang Target Menghafal Al-Quran

Dengan memiliki target yang jelas, kita akan lebih mudah dalam mendorong diri untuk terus semangat dalam menghafal.

Terkadang, di tengah menghafal Al Qur’an, kita biasanya mengalami kendala, seperti hafalan yang menjadi susah masuk atau malas menambah hafalan. Kalau sudah begitu, semangat kita biasanya akan berkurang. Sehingga kita merasa bahwa Al Qur’an susah untuk dihafalkan.

 Oleh karena itu, adanya target akan sangat membantu dalam mendisiplinkan hafalan kita.

5. Istiqomah

Menjadi penghafal Al Quran harus memiliki prinsip yang kuat untuk selalu menjaga hafalan walau dalam keadaan apapun. Sebab tidak ada kesuksesan yang dapat diraih kecuali dilandasi konsistensi yang kuat, begitu pula tidak ada hafalan yang kuat diraih kecuali konsisten mengulang hafalan.

sebab itu, untuk menjaga hafalan seorang penghafal Al Quran harus konsisten dengan manajemen waktu dan murajaah yang telah ditetapkan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *