Bikin Semua Orang Takjub, Inilah 5 Masjid Termegah Di Malang

  • Whatsapp
wisata religi
kolelsi informasi situs bersejarah dan destinasi wisata islam

Masjid merupakan tempat ibadah buat umat islam , masjid juga dijadikan sebagai lambang kebesaran agama islam.

Apalagi sekarang banyak sekali masjid yang di renovasi sebagus mungkin gaess, dan di lengkapi fasilitas untuk kenyamanan ibadah, salah satunya di malang, yang terkenal banyak wisata religi dan termasuk kota damai loo.

Bacaan Lainnya

Berikut 5 masjid termegah se malang raya yang banyak di kunjungi orang-orang, yaitu

1.Masjid Tiban

Masjid Tiban atau nama terkenalnya adalah masjid sanan, yang sangat sering di kunjungi orang-orang karena kemewahan masjid tersebut, para wisatawan bisa langsung masuk tanpa harus membeli tiket atau bisa di sebut karcis

Wisatawan bisa menjelajahi 9 lantai dengan menggunakan lift atau tangga, kalian juga bisa melihat aneka satwa seperti kera,burung cendrawasih,kakatua,rusa dan masih banyak lagi,

Meski santer kabar kalau Masjid Tiban dibangun oleh makhluk ghoib (jin), nyatanya masjid tiban ini asli dibuat oleh para santri. Tapi, tak sedikit wisatawan yang penasaran dan akhirnya datang sendiri ke masjid ini.

2. Masjid Jami’ (masjid agung)

Di kota malang terdapat masjid tua yang namanya masjid agung jami’, yang terkenal akan keindahan,keanggunannya,menenagkan hati siapa pun yang beribadah di sana.

Baca Juga: hikmah Sholat sunnah rawatib

Masjid ini dipercaya sebagai satu dari 3 masjid tua di propinsi Jawa Timur yang di anggap sebagai tempat Mustajabah, atau tempat dimana doa doa dari hamba hamba yang beriman akan dikabulkan oleh Allah SWT. Dua masjid lain nya adalah Masjid Ampel di Surabaya, dan Masjid Jami’ di Pasuruan.

3. Masjid Sabilillah

masjid ini dianggap sebagai sebuah monumen, bentuk dari Masjid Sabilillah benar-benar penuh dengan arti. Letak masjid ini berada cukup strategis setelah pintu masuk Kota Malang, tepatnya di Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Blimbing, Kota Malang.

Uniknya Masjid ini memiliki konstruksi bangunan dengan melambangkan pergerakan perjuangan Indonesia.

Pilar utama sebagai penyangga berjumlah sembilan sebagai penanda jumlah wali sembilan. Kemudian dikelilingi oleh 17 buah pilar kecil sebagai penanda hari kemerdekaan. Kemudian kubah masjid yang berdiameter 20 meter mengisyaratkan sifat-sifat Tuhan.

Di dalam masjid, juga terdapat 9 pilar menyokong masjid yang melambangkan jumlah Wali Songo yang menjadi penyebar agama islam di Pulau Jawa.

Kemudian masjid ini memiliki tinggi lantai mencapai delapan meter mengartikan bahwa di bulan agustus adalah hari kemerdekaan. kemudian menara masjid memiliki tinggi 45 meter adalah sebagai simbol tahun kemerdekaan.

Dan masih banyak lagi arti kesimbolan dari masjid ini.

4. Masjid Khodijah

Masjid ini mengingatkan kita pada ummatul mu’minin yaitu siti khodijah istri Roslulloh. Jelas pasti nyaman tentunya, dan menenangkan hati siapapun bagi yang beribadah di sana.

Masjid Khodijah memliki aset pendidikan yakni madrasah ibtidaiyah (MI), Madrasah Ibtidaiyah Khadijah merupakan lembaga Pendidikan Islam Modern yang berkualitas, dibawah Yayasan Masjid Khadijah. Terletak di Kota Malang .

Pembelajaran MI Khadijah diharapkan mampu menyiapkan generasi Islam yang berprestasi, beriman, berilmu, berakhlak mulia,tangguh, mandiri, dan siap berkompetisi.

5. Masjid Jendral Ahmad yani

Masjid ini dibagun pada tahun 1960-an itu hingga saat ini berdiri megah dan menjadi salah satu tempat syiar agama Islam.

Kenapa masjid ini harus di beri nama jendral ahmad yani? karena,selain berada di tengah-tengah kota malang, di sekitaran masjid ini banyak sekali kompleks TNI, yang diantaranya yaitu Kodim 0833 dan asrama para petinggi TNI.

Seperti yang telah diketahui bersama, Jenderal Ahmad Yani adalah tokoh revolusi dan dikenal luas oleh masyarakat, sehingga pemberian nama masjid ini diharapkan mudah dikenal.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *