Fakta Terbaru Usai Israel-Hamas Gencatan Senjata

  • Whatsapp

Buletin Islam | Palestina, Akhirnya israel dan Hamas sepakat Gencatan senjata setelah terjadi pertempuran berdarah selama 11 hari. Menurut Hamas, gencatan senjata mulai berlaku pada Jumat (21/5) pukul 02.00 waktu setempat.

Sementara dari pihak Israel melalui Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, mengkonfirmasi gencatan senjata dengan Hamas yang telah menguasai Gaza setelah menerima usulan gencatan senjata yang ditawarkan Mesir.

Bacaan Lainnya

“Dengan suara bulat menerima rekomendasi untuk menerima inisiatif Mesir untuk gencatan senjata … tanpa syarat,” ujar Netanyahu seperti dilansir dari AFP, Jumat (21/5/2021).

Lantas apa saja fakta-fakta setelah Gencatan Sejata ini? berikut beritanya:

Jumlah Korban Palestina

Seperti diketahui, aksi brutal aparat keamanan Israel tanpa ampun telah membombardir wilayah palestina dengan serangan darat dan udara.

Serangan berdarah ini telah menyebabkan korban jiwa dari warga sipil berjatuhan, dan banyak juga yang mengalami luka-luka.

Dilansir dari berbagai sumber, serangan berdarah Israel ini telah menelan korban tewas dari warga sipil palestrina sebanyak 232 orang, termasuk 65 anak-anak, serta 1900 korban luka-luka.

Jumlah Korban Israel

Sementara menurut otoritas Israel, korban dari pihaknya sebanyak 12 orang tewas akibat tembakan roket Hamas dari Gaza. Dan ini tentu tidak sebanding dengan korban warga palestina.

Waktu Gencatan Senjata

Meski pihak Israel-Hamas telah sepakat melakukan Gencatan senjata, dan Hamas juga telah menetapkan waktunya, yakni pada Jumat (21/5) pukul 02.00 waktu setempat, namun pihak Israel belum menentukan waktunya.

Hanya saja Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu sendiri telah mengkonfirmasi kesepakatan tersebut setelah menerima usulan tawaran dari Mesir.

Israel dan Palestina Klaim Kemenangan

Usai kabar gencatan senjata tersebut, pihak Israel maupun Palestina sama-sama mengklaim kemenagan. Sementara kemenangan palestina justru menggema di berbagai plaform media sosial, seperti dikutip dari detik.om.

Tagar Palestina menang jadi trending pembicaraan di media sosial Twitter Indonesia. Hal ini terjadi usai diumumkannya gencatan senjata antara Israel dan Hamas.

Tagar Palestina menang jadi salah satu trending di pencarian populer Twitter Indonesia hari ini. Dilihat pada pukul 12.10 WIB, ada sekitar 8.080 tweet yang membahas topik tersebut, bahkan jumlahnya kian bertambah.

Diketahui banyak akun Twitter yang membagikan berbagai foto hingga video kondisi masjid Al-Aqsa usai pengumuman gencatan senjata. Di tempat lain, warga Gaza memenuhi jalan-jalan untuk merayakan klaim kemenangan tersebut.

Rasa syukur dan haru juga banyak disampaikan para warganet Twitter dari akun-akun mereka sambil menyambut Palestina menang yang dimaksud dalam tagar trending topik Indonesia.

Di sisi lain, warga Palestina di Gaza menyambut baik gencatan senjata ini. Mereka merayakannya dengan cara turun ke jalanan sesaat usai gencatan senjata diberlakukan pada Jumat dini hari.

“Allahu Akbar dan Alhamdulillah,” teriak warga Gaza yang merayakan gencatan senjata, seperti dilansir Reuters, hari ini.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *