Arab Saudi; Haji 2020, Hanya Dilaksanakan Sekitar 1000 Jamaah Saja

  • Whatsapp

Buletin Islam | Arab Saudi. Otoritas Arab Saudi menegaskan hanya akan memberikan jalan untuk sekitar 1.000 Jamaah saja yang tinggal di Kerajaan untuk melaksanakan haji tahun ini.

Pengumuman tersebut, disampaikan sehari setelah pengumuman resmi tentang pembukaan ibadah haji, saat pandemi covid-19.

Bacaan Lainnya

Biasanya, sekitar 2.500.000 peziarah dari seluruh dunia berkumpul setiap tahunnya ke kota Mekah dan Madinah untuk melaksanakan ibadah.

Dan biasanya mereka akan melakukan kegiatan ibadah haji selama seminggu yang dijadwalkan dimulai pada akhir Juli.

Baca Juga : Arab Saudi Buka Pelaksanaan Ibadah Haji, Ini Tanggapan Tokoh Muslim

Namun untuk Tahun ini, Pemerintah Arab Saudi memastikan tidak ada pengunjung dari luar negeri yang diizinkan mengikuti pelaksanaan haji.

Arab Saudi mengumumkan hal tersebut pada hari Senin, dengan jamaah yang sangat terbatas, karena negaranya juga sedang berperang melawan virus corona.

Menteri Haji Saudi mengatakan keputusan untuk membatasi ziarah bertujuan untuk melestarikan kesehatan masyarakat global karena risiko yang terkait dengan pertemuan besar.

Siapa yang diperkenankan menunaikan haji?

dilansir dari aljazeera.com, sebagai salah satu dari lima pilar utama dalam Islam, Haji merupakan syarat bagi semua umat Islam yang secara fisik dan finansial mampu melakukan setidaknya sekali dalam hidup mereka.

Tahun ini, Kementerian Haji kerajaan mengatakan ritual ini akan terbuka hanya untuk masyarakat atau Jamaah dari berbagai yang berada di Arab Saudi.

Dalam sebuah konferensi pers virtual pada hari Selasa, Menteri Haji Mohammad Benten mengatakan pemerintah masih dalam proses peninjauan jumlah peziarah keseluruhan diperbolehkan.

Dia selanjutnya mengatakan hanya sekitar 1.000, yang diperbolehkan untuk melaksanakan haji tahun ini.

Menteri Kesehatan Tawfiq Al-Rabiah mengatakan bahwa para calon jamaah diwajibkan melakukan rapid test sebelum tiba di kota suci Mekah dan akan diminta untuk melakukan karantina di rumah setelahnya.

Baca Juga : 8 Ketentuan Protokol Kesehatan Untuk Pelaksanaan Haji Tahun 2020

Selain pembatasan jumlah, dia mengatakan tidak seorang pun di atas usia 65 tahun atau dengan penyakit kronis akan diizinkan untuk melakukan Haji.

Apakah ini Keputusan tersebut pernah Terjadi Sebelumnya?

Ini adalah pertama kalinya di Arab Saudi hampir 90 tahun sejarah bahwa pengunjung asing telah dilarang melakukan Haji.

Haji telah dibatalkan karena perang dan epidemi masa lalu sepanjang sejarah, tetapi tidak sejak berdirinya Kerajaan Arab Saudi pada 1932.

Bagaimana Tanggapan Umat Islam?

Tanggapan telah menjadi campuran kekecewaan, bantuan dan penerimaan.

Sebelum pengumuman Saudi, Indonesia, Malaysia, Senegal dan Singapura telah menghalangi warga mereka untuk menunaikan ibadah haji tahun ini karena masalah coronavirus.

“Harapan saya untuk pergi ke (kota Mekah yang Kudus) begitu tinggi, ” kamariah Yahya, 68, dari Indonesia, kepada kantor berita AFP.

“Saya sudah mempersiapkan selama bertahun-tahun. Tapi apa yang bisa saya lakukan? Ini adalah kehendak dan takdir Allah-itu”

Shahadat Hossain Taslim, kepala grup yang mewakili agen perjalanan Haji Bangladesh, mengatakan “banyak orang kecewa dengan keputusan tersebut, tapi itu untuk tujuan yang terbaik”

Sebab menurutnya, tidak seperti negara lain, mayoritas jamaah Bangladesh adalah orang tua, dan mereka rentan terhadap COVID-19.

Sementara itu, Pakistan, yang biasanya mengirim hampir 180.000 peziarah, mengatakan para diplomat di Arab Saudi akan mewakili negara selama ziarah tahun ini.

Di negara tetangga India, Menteri Urusan minoritas mengatakan bahwa lebih dari 200.000 orang telah mendaftar untuk menunaikan ibadah haji pada tahun 2020, dan bahwa mereka akan menerima pengembalian dana penuh dari uang yang disetorkan untuk ziarah.

Mohamad azmi Abdul Hamid, dari Dewan konsultatif organisasi Islam Malaysia, mengatakan bahwa Negara-negara Muslim seharusnya diikut seratakan dalam pengambilan keputusan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *