Ingat, 8 Hal Ini Bisa Membatalkan Puasa

  • Whatsapp
BuletinIslam.com | Puasa Ramadan merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dijalankan oleh setiap kaum muslimin yang baligh dan aqil atau biasa diistilahkan dengan mukallaf.
hal yang membatalkan puasa
Mukallaf sendiri secara bahasa berarti sesuatu yang dipaksa. Dalam artian, orang tersebut telah memenuhi kriteria hukum syariat.
Untuk menjalankan puasa sendiri, seseorang juga harus memperhatikan sah dan tidaknya ibadah tersebut.Sebab jika tidak, maka ibadah puasanya bisa-bisa batal.
Disisi lain, masih banyak kita temukan umat muslim yang belum mengetahui hal-hal yang bisa membatalkannya. Contoh, banyak kita dengar orang yang berbohong saat berpuasa dianggap bisa membatalkan puasa. padahal tidak demikian.
Bisa saja, yang dimaksud membatalkan tersebut, bukan membuat puasanya tidak sah, melainkan dia tidak mendapatkan keutamaan berpuasa sebab melakukan kebohongan.
Oleh sebab inilah, untuk menjelaskan kesalahpahaman di tengah-tengah masyarakat, maka ada baiknya kali ini kami akan berbagi informasi tentang hal-hal yang bisa membatalkan ibadah puasa, bukan pahalanya.

Delapan Sebab Yang Bisa Membatalkan Puasa

Sesuatu yang bisa membatalkan puasa tidak hanya berupa makan dan minum, seperti yang dipahami oleh sebagian besar umat Islam, dan bukan pula justru berbicara bohong. Untuk lebih jelasnya silahkan baca uraian di bawah ini.

#1 Masuknya Suatu Benda Kedalam Tubuh Dengan Sengaja

Faktor pertama penyebab batalnya puasa adalah jika seseorang memasukkan sesuatu kedalam tubuh dengan sengaja, baik itu berupa makanan atau minuman, dari jalan yang memang tembus atau lobang, seperti mulut, atapun hidung.

#2 Memasukkan Obat Dari Dua Lobang

Pengobatan yang dilakukan seseorang saat sedang berpuasa juga bisa menjadi faktor batalnya ibadah puasa. Hal tersebut jika obat dimasukkan ke dalam tubuh melalui dua lobang, yakni dubur dan qubul (kemaluan depan dan belakang).

#3 Muntah Dengan Sengaja

Biasanya muntah lebih sering terjadi dengan ketidak sengajaan, namun jika muntah disengaja (misalnya bermain-main) maka puasanya bisa batal.

#4 Hubungan Suami Istri

Faktor berikutnya yang bisa menyebabkan batalnya puasa adalah, hubungan suami istri. Selain bisa membuat puasanya batal, kasus semacam ini juga berdampak wajibnya kafarat.

#5 Mengeluarkan Mani Dengan Sengaja

Keluarnya mani juga bisa berakibat batalnya puasa, jika dilakukan dengan sengaja, baik oleh diri sendiri atau justru meminta bantuan istrinya.

#6 Haid Atau Nifas

Seorang perempuan yang mengalami menstruasi atau nifas di saat berpuasa, maka secara otomatis puasanya batal.

#7 Gila

Kondisi gangguan psikologi berupa gila, juga bisa berdampak pada batalnya puasa seseorang. Hal ini diakibatkan dia secara otomatis kehilangan akal sehatanya.

#8 Keluar Dari Islam

Dan yang terakhir yang menyebabkan puasa batal adalah “riddah / murtad keluar dari agama Islam, yang dilakukan saat dia berpuasa.
Demikanlah ulasan tentang delapan faktor penyebab batalnya ibadah puasa. dari uraian diatas, jelas bahwa berkata bohong tidak membatalkan ibadah puasa, namun bisa jadi membatalkan memperoleh keutamaan berpuasa.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *