Inilah Dia Doa-Doa Yang Dibaca Rasulullah SAW Ketika Bulan Ramadhan Hampir Selesai

  • Whatsapp

Siapa sih yang tak mendamba akan memperoleh lailatul qadar? Pastinya semua orang mendambakannya. Karena memang momen ini yang diabadikan dalam Al-Qur’an sebagai malam yang lebih baik dari 1000 bulan. Selain itu, pada malam itu Malaikat akan turun dan membawa salam hingga menjelang fajar.

Rasulullah saw bersabda,

Bacaan Lainnya
“Barangsiapa berdoa pada malam lailatul Qadar dengan iman dan penuh perhitungan, maka akan diampuni dosa-dosanya yang terdahulu maupun yang akan datang ”

Karena islam mengajarkan 8utnuk selalu mengikutiapa yang bersumber dari nabi maka inilah doa-doa yang diaa oleh nabi Muhammad SAW ketika sudah dipenghujung bulan suci ramadhan

  1. Doa Memohon Ampunan dan Terbebas dari Masalah

Artinya : Ya Allah! Sesungguhnya aku memohon ampunan dan terbebas dari masalah di dunia dan akhirat. Ya Allah, sesungguhnya aku memohon ampunan dan terbebas dari masalah dalam urusan agama, dunia, keluarga dan hartaku.

Ya Allah, tutupilah auratku dan tenangkanlah aku dari rasa takut. Ya Allah! Jagalah aku dari arah muka, belakang, kanan, kiri dan dari atasku, dan aku berlindung dengan kebesaranMu, agar aku tidak dihancurkan dari bawahku
  1. Doa Agar Diampuni dan Dimaafkan Segala Dosanya

Aisyah bertanya kepada Nabi, mengenai doa apa yang dipanjatkan ketika lailatul qadar,

“Wahai Rasulullah, jika aku menjumpai satu malam merupakan lailatul qadar, apa yang harus aku ucapkan malam itu ” 

Nabi menjawab,

Allahumma Innaka ‘Afuwwun

Artinya : Ya Allah! Sesungguhnya engkau adalah dzat yang maha mengampuni.

Namun ada juga yang menambahkan kata ‘Kariimun’, tambahan ini sama sekali tidak terdapat dalam referensi cetakan lama, tidak juga dalam cetakan lain yang menukil darinya. Kelihatannya tambahan tersebut berasal dari sebagian pentranskip. Keutamaan dari doa ini agar kaum muslim dimaafkan dan dihapuskan segala dosa yang telah lalu.

  1. Doa Memohon Ampunan

Sayyidatina Aisyah ra berkata, aku bertanya kepada Rasullullah SAW

“Wahai Rasulullah Saw, jika engkau tahu, pada hari apa terjadi di malam Lailatul qadar , kemudian apa yang harus aku baca didalamnya?” 

Kemudian beliau menjawab bacalah,

Alloohumma innaka Afuwwun Tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘anii

Artinya : Ya Allah! sesungguhnya Engkau maha Pengampun lagi mencintai orang yang mohon ampunan, maka ampunilah diriku” (HR An-Nasai)

  1. Doa agar Diterima Amalan Puasa

Rasulullah saw pernah bersabda,

“Barangsiapa melaksanakan shalat sunnah 10 rakaat pada malam terakhir ramadhan, yang setiap rakaatnya membaca Surah Al-Fatihah sekali dan surah Al ikhlas 10 kali, serta ketika ruku’ dan sujud membaca tasbih…”

Subhanallah walhamdulillah wa laa ilaha illallah wallahu akbar

Maha suci Allah, segala puji bagi Allah, tidak ada tuhan yang pantas disembah kecuali Allah, dan Allah Mahabesar. 

Tasbih diatas dibaca selama sepuluh kali. Kemudian jika anda telah selesai menunaikan seluruh rakaat, maka membaca istighfar 1000 kali.

Nabi saw pernah bersabda :

“Demi Dzat yang telah mengutusku dengan kebenaran kenabian ! Sesungguhnya jibril telah mengabarkan kepadaku dari Israfil dari Tuhannya, bahwa sesungguhnya tidaklah seseorang mengangkat kepalanya dari tempat sujudnya, kecuali Allah telah memberinya ampunan, menerima seluruh amalnya dan mengampuni semua dosanya, meskipun dosanya lebih besar dari 70 macam dosa, yang masing-masing lebih besar dari seluruh dosa hamba-hambaNya. 

Allah akan menerima amalan puasa dari semua penduduk tempat dimana dia berdoa. Demi Dzat yang mengutusku dengan kebenaran!

Barang siapa yang melaksanakan shalat dan beristigfar seperti itu, maka Allah akan menerima puasanya, shalatnya, qiyamul lail (shalat malam)-Nya, mengampuni dosa-dosanya serta mengabulkan segala permintaanya.

Inilah hadiah khusus untukku dan untuk umatku, baik laki-laki maupun perempuan. Suatu karunia yang belum pernah Allah berikan kepada seorangpun sebelum aku, baik dari kalangan para nabi maupun selainnya ”

Keutamaan doa ini adalah diterimanya puasa, shalat, qiyamul lail, mengampuni dosa-dosanya serta mengabulkan segala permintaanya oleh Allah SWT.

Demikianlah doa yang biasa dipanjatkan oleh kanjeng nabi Muhammad SAW yang dapat kami sampaikan. Semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat. Amiin.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *