Inilah Dia Keutamaan-Keutamaan Bulan Suci Ramadhan

  • Whatsapp

Seperti bulan-bulan mulia lainya, bulan ramadhan pun juga demikian, memiliki keutamaan. Bahkan sebagai bulan yang paling mulia, bulan ramadhanpun memiliki segudang kelebihan yang sangat mengesankan.

Dari sekian keistimewaan itu, berikut adalah sebagian keistimewaan yang akan kami sebutkan.

Bacaan Lainnya
  1. Rasulullah akan mengabarkan kepada umat muslim bahwa semua kebaikan terkumpul pada bulan ramadhan, sebagaimana dalam sabdanya: “Kalau saja umatku tahu segala kebaikan yang ada pada bulan Ramadhan pasti mereka mengharapkan agar (setiap bulan dalam) setahun penuh menjadi bulan Ramadhan semua”

Dari hadist diatas dapatlah diambil kesimpulan bahwa paling banyaknya bulang yang dapat menghimpun akan kebaikan adalah bulan Ramadhan.

  1. Pada tanggal 1 bulan Ramadhan Arasy dan segala sesuatu lainnya berteriak menyampaikan kebaikan-kebaikan bulan Ramadhan kepada umat Nabi Muhammad saw, seperti diungkapkan dalam hadis Nabi Saw.
  2. Pada permulaan bulan Ramadhan Allah SWT mencari orang-orang yang mencintai-Nya. Kemudia mengampuni orang-orang yang meminta ampunan. Selanjutnya SWT akan melarang kepada malaikat (Rakib&Atid) untuk tidak mencatat amal buruk atau amal jelek.
  3. Pada awal bulan ramadhan maka semua setan dan jin yang durhaka akan diikat,semua pinti surga dibuka, dan semua pintu neraka ditutup. Sebagaimana apa yang telah disebutkan dalam sabda Nabi saw.

Tiap malam bulan Ramadhan Allah berfirman tiga kali dan tiap hari bulan ramadhan Allah akan membebaskan (mengampuni) 1.000.000 budak atau orang yang berdosa dari neraka. Sementara setiap jam pada bulan Ramadhan Allah SWT membebaskan 600.000 orang berdosa dari neraka (mengampuni orang-orang yang berdosa, sebagaiman tang sudah diterangkan dalam hadist.

  1. Pada malam pertama di bulan Ramadhan Allah SWT menganugerahkan lima perkara kepada ummat Nabi Muhammad saw yang belum pernah diberikan kepada umat-umat sebelumnya.

Demikianlah tadi tentang keutamaan-keutamaan yang dimiliki oleh bulan suci ramadhan. namun perlu juga saudar ketahui bahwa ramadhan adalah bulang yang palin mulia. Karena yang paling mulia inilah maka rasanya tak adil apabila hanya lima keutaam itu yang dimiliki oleh bulan ramadhan. Karena dari itu maka kami meohon maaf atas segalakekurangan yag telah kami lakukan.

Demikianlah apa yang apat kami sampaikan. Semoga kita selalu bisa untuk selalu mengikuti da berpartisipasi dalam salah satu hukum tuhan yang satu ini. Amiin.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *