Inilah Dia Keutamaan-Keutamaan Tersembunyi Kalimat Hauqalah

  • Whatsapp

Mungkin sebagian besar dari kita ketika ditanya mengenai kalimat itu akan langsung teringat pada sambaran halilintar yang terus membuat bulu kuduk berdiri. Mungkin sebagian dari kita akan merasakan seperti itu. Karena ketika dari kecil kita memang sudah diajarkan untuk membaca bacaan tahmid itu ketika disituasi tertentu seperti ketika halilintar menyambar.

Namun siapa sangka jika kalimat yang sebegitu singkat yang biasa diajarkanhanya untuk mendengar halilintar itu mempuyai segudang keutamaan yang istimewa. Dan berikut adalah segudang keutamaan yang tersembunyi itu

Bacaan Lainnya

  1. Perbendaharaan Syurga

Dari Abu Hurairah Ra bahwasanya Nabi SAW bersabda: “Perbanyaklah mengucapkan la haula wa la quwwata illa bilah karena ia adalah salah satu perbendaharaan surga.” (HR. Ahmad)

Rasulullah shollallohu alaihi wasallam bersabda : ” Perbanyaklah oleh kalian membaca kalimat ‘ laa haula walaa quwwata illaa billahil ‘aliyyil adhiim ‘ karena sesungguhnya kalimat tersebut adalah salah satu simpanan dari simpanan-simpanannya surga, dalam kalimat tersebut terdapat obat penyembuh dari 99 penyakit dan yang paling ringan adalah penyakit galau”.

  1. Mengusir Galau

Selain untuk mengusir kegalauan, keutamaan lain dari hauqola adalah melancarkan rezeki. Seperti dalam hadis riwayat At Tabrani dan Ibnu ‘Asakir dari shohabat Abu Hurairoh rodhiyallohu ‘anhu berkata : Rasulullah shollallohu alaihi wasallam bersabda : “Barang siapa yang rezekinya tidak lancar maka perbanyaklah membaca kalimat laa haula walaa quwwata illaa billahil ‘aliyyil adhiim”.

  1. Memudahkan Pekerjaan

Berkatalah Ibnul Qoyyim rahimahullah “ Kalimat Laa Haula wa Laa Quwwata illa Billaah” mempunyai pengaruh yang sangat menakjubkan saat menanggung beban pekerjaan yang sulit dan keras, atau saat menghadap kepada raja dan orang yang ditakutkan, selain pengaruhnya yang efektif untuk menolak kemiskinan. Berusaha sebaik mungkin dan banyak membaca dzikir laa hawla wa laa quwwata illa billah akan membantu memberikan keberhasilan pada setiap usaha yang dilakukan.

  1. Memberikan Kekuatan

Selain itu, berdzikir dengan laa hawla wa laa quwwata illa billah terbukti memberikan kekuatan dan keberhasilan sebagai cara menjadi orang sukses menurut Al Qur’an, Maka setelah hal tersebut disampaikan dan Auf memperbanyak membaca “Laa Haula wa La Quwwata Illa Billah” terjadilah bermacam keajaiban. Betapa tidak, tali kulit yang mengikat tangan Auf tiba-tiba terlepas maka Auf pun kabur dengan menunggang onta milik musuh.

  1. Melindungi dari Bahaya

Suatu ketika di jaman dulu dzikir laa hawla wa laa quwwata illa billah memberikan pertolongan untuk lepas dari bahaya sebab termasuk keutamaan berdzikir kepada Allah, yaitu Suatu ketika Al Asyja’i melaporkan kepada Rasulullah saw bahwa anaknya yang bernama Auf telah ditawan oleh musuh. Maka Rasulullah berpesan kepadanya agar Al Asyja’i mengutus seseorang untuk menemui anaknya dan menyampaikan agar Auf memperbanyak membaca “La Haula wa La Quwwata Illa Billah”.

  1. Akhlak Mulia

Dari Abi Musa Al-Asy’ari radhiallahu anhu ia berkata: Rasulullah shallallahu alaihi wasallam berkata kepadaku: “Maukah aku tunjukkan kepadamu salah satu bacaan yang menjadi simpanan kekayaan di dalam syurga?”, Maka aku menjawab: “Tentu, wahai Rasulullah”. Maka beliau menjawab: “Ucapkanlah Laa Haula wa Laa Quwwata illa Billaah” Jelas bahwa dzikir laa hawla wa laa quwwata illa billah merupakan akhlak mulia yang sering dilakukan orang sholeh yang memahami alasan pentingnya akhlak mulia menurut islam.

  1. Meningkatkan Rasa Taat

Ibnu Mas’ud berkata,“Tidak ada daya untuk menghindarkan diri dari maksiat selain dengan perlindungan dari Allah. Tidak ada kekuatan untuk melaksanakan ketaatan selain dengan pertolongan Allah.” Dzikir laa hawla wa laa quwwata illa billah akan memberikan rasa taat yang lebih sebab menyadari secara langsung pertolongan dan perlindungan dari Allah sebagai wujud kasih sayang Allah kepada hambaNya.

  1. Penawar Segala Penyakit

Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: “Barangsiapa yang mengucapkan Laa Haula wa Laa Quwwata illa Billaah maka hal itu sebagai penawar baginya dari 99 penyakit dan yang termudah adalah rasa bimbang”. (HR. Tabrani). Segala penyakit hati dan kesedihan serta kesusahan akan hilang jika sering mengamalkan dzikir laa hawla wa laa quwwata illa billah sebab merupakan ungkapan doa dan berserah dri pada Allah.

Baca juga : inilah dia keutamaan-keutamaan doa

Demikianlah tadi fadhilah-fadhilah tersembunyi yang ada pada kalimat hauqalah. semoga kita dapat mengamalkannya secara konsisten. Amiin.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *