Inilah Dia Kumpulan Doa Ketika Hujan Lengkap Dengan Terjemahannya

  • Whatsapp

Telah kita ketahui bersama bahwa hujan dalam ajaran islam adalah sebuah berkah yang sengja allah turunkan untuk menjaga kelangsungan hidup dimuka bumi.

Namun demikian adanya, hujan yang digadang-gadang sebagai pembawa rahmat itu terkadang juga membuat banyak orang ketakutan. Penyebabnya banyak, mulai dari hujannya itu sendiri yang terlalu deras, hujan yang disertai angin, hujang yang disertai gemuruh petir, hujan yang disertai keduanya dan lain sebagianya

Bacaan Lainnya

Karena banyaknya kondisi itulah, islam juga mengajarkan kita untuk membaca setiap doa disetiap kondisi. Dan berikut beberapa doa yang dianjurkan ketika turun hujan itu:

  1. Doa agar mendapatkan manfaat hujan

Artinya : Ya Allah, turunkan lah pada kami hujan yang bermanfaat.

  1. Doa meminta Hujan berhenti

Artinya : Ya Allah, turunkan lah hujan di sekitar kami, bukan yang untuk merusak kami. Ya Allah, turunkan lah hujan ke dataran tinggi, sebagian anak bukit, perut lembah, dan beberapa tanah yang menumbuhkan pepohonan. (HR Bukhari).

3. Doa Setelah Selesai Hujan

Artinya : Pada pagi hari, di antara hambaKu ada yang beriman kepadaKu dan ada yang kafir. Siapa yang mengatakan ’Muthirna bi fadhlillahi wa rohmatih’ (Kita diberi hujan karena karunia dan rahmat Allah), makadialah yang beriman kepadaku dan kufur terhadap bintang-bintang. Sedangkan yang mengatakan ‘Muthirna binnau kadza wa kadza’ (Kami diberi hujan karena sebab bintang ini dan ini), maka dialah yang kufur kepadaku dan beriman pada bintang-bintang. (HR. Bukhari dan Muslim).

  1. Doa Saat Hujan Lebat

Artinya : Ya Allah, turunkan lah hujan di sekitar kami, bukan untuk merusak kami. Ya Allah, turunkan lah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah dan tempat tumbuhnya pepohonan.

  1. Doa Jika Hujan disertai Angin Kencang

Artinya : Ya Allah, saya memohon kepada-Mu kebaikan angin ini, kebaikan yang ada di dalamnya, dan kebaikan yang Engkau kirim bersamanya. Dan saya berlindung kepada-Mu dari kejahatan angin ini, kejahatan yang ada di dalamnya, dan kejahatan yang Engkau kirim bersamanya.

  1. Doa Ketika Hujan dibarengi Petir yang menggelegar

Artinya : Mahasuci Allah yang dengan memuji-Nya bertasbih lah halilintar dan juga para malaikat karena takut kepadaNya.

Demikanlah doa-doa yang berkaitan dengan hujan. Semoga kita oleh Allah SWT selamatkan dari segala macam mala petaka khususnya yang berkaitan dengan hujan. Amiin.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *