7 Poin Maklumat Pesantren Tebuireng Terkait Penanganan Covid-19

  • Whatsapp

Buletin Islam | JOMBANG, Berkenaan dengan penanganan pandemi Covid-19, Pondok Pesantren Tebuireng Jombang, Jawa Timur, meminta pemerintah memperbaiki strategi komunikasi publik.

Sementara, Dalam pelaksanaan percepatan penanganan Covid-19, Pesantren yang didirikan KH. Hasyim Asy’ari tersebut meminta pemerintah memperkuat pendekatan kultural, serta memperhatikan aspek budaya masyarakat dan kearifan lokal di masing-masing daerah.

Bacaan Lainnya

KH Abdul Hakim Mahfudz

Harapan tersebut tertuang dalam tujuh poin maklumat yang dikeluarkan Pesantren Tebuireng untuk menyikapi perkembangan terkini terkait penanganan Covid-19 di Indonesia.

Baca Juga : Pesantren Di Cianjur Ludes Terbakar, 100 Santri Diungsikan

Dikeluarkan pada Minggu (21/6/2020), Menurut Pengasuh Pesantren Tebuireng KH Abdul Hakim Mahfudz atau Gus Kikin, Maklumat ini sebagai bentuk keprihatinan Pesantren Tebuireng setelah melihat perkembangan situasi dan kondisi di masyarakat.

Dikutip dari Kompas.com, ada tujuh poin maklumat Pesantren Tebuireng dalam menyikapi penanganan Covid-19, yaitu :

  1. Mengapresiasi kinerja pemerintah maupun pemerintah daerah dalam penanganan pandemi corona. Salah satu kinerja yang mendapatkan apresiasi, yakni adanya peningkatan jumlah pemeriksaan secara masif dan pelacakan kasus (tracing) di masyarakat.
  2. Pemerintah perlu memperbaiki strategi komunikasi publik, serta mengedepankan aspek kultural dalam penanganan Covid-19. 3.
  3. Meminta semua pihak menahan diri dan tidak menjadi bagian dari pihak-pihak yang berkontribusi pada kesimpangsiuran informasi terkait Covid-19.
  4. Terkait penanganan Covid-19, Proses pemulasaraan jenazah dan pemakaman pasien terduga atau yang terkonfirmasi positif Covid-19, perlu dipastikan sudah memenuhi pedoman pemulasaraan jenazah sesuai dengan agama yang dianut masing-masing pasien.
  5. Mengharapkan agar para tokoh masyarakat ikut berperan aktif dalam upaya mengedukasi dan menenangkan masyarakat dalam menghadapi situasi pandemi virus corona.
  6. Mengharapkan semua pihak yang terkait dengan penanganan Covid-19 untuk mengedepankan sikap jujur, amanah dan pertanggungjawaban moral yang setinggi-tingginya.
  7. Pesantren Tebuireng memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para petugas medis yang telah menjadi garda terdepan dalam penanganan Covid-19.

Demikian informasi tentang 7 Poin Maklumat Pesantren Tebuireng Terkait Penanganan Covid-19 di Indonesia,semoga memberikan informasi yang positif.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *