Mencari Ilmu ? Wajibkah?

  • Whatsapp

Ilmu adalah suatu yang digunakan untuk menjadi pribadi yang lebih baik untuk masa depan. Mencari ilmu adalah sebuah kewajiban bagi setiap manusia dari kita dilahirkan sampai meninggalkan dunia ini. Dengan ilmu, manusia bisa mengetahui hal yang sebelumnya tidak tahu menjadi mengetahuinya. khususnya sebagai umat muslim. Kewajiban mencari ilmu sudah jelas tertera dalam hadist nabi bahwa:

طَلَبُ اْلعِلْمْ فَرِثْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ
“Menuntut ilmu adalah kewajiban bagi setiap muslim.”

Bacaan Lainnya

Dan ini ayat dan hadist nabi yang menjelaskan apa yang akan diperoleh jika kita menuntut ilmu :
• Q.S. al- Mujadalah ayat 11 :
يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ
Artinya: … niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antara kamu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat.

• Dalil nabi Muhammad SAW
وَمَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَلْتَمِسُ فِيهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللَّهُ لَهُ بِهِ طَرِيقًا إِلَى الْجَنَ
Artinya: “Siapa yang menempuh jalan untuk mencari ilmu, maka Allah akan mudahkan baginya jalan menuju surga.” (HR. Muslim, no. 2699)

Dari sabda dan dalil diatas menerangkan bahwa umat islam wajib untuk menuntut ilmu, karena allah menjajikan hambanya jika hambanya pergi untuk menuntut ilmu maka allah akan mengangkat derajatnya. Dan allah telah menjanjikan surganya bagi penuntut ilmu kelak.
Dan tentunya kita harus mempelajari ilmu agama karena ilmu agama penting bagi kehidupan dunia dan di akhirat. Dengan ilmu agama dapat menunjukkan jalan yang lurus. Yaitu jalan yang allah tunjukkan menuju surga-Nya dan menyelamatkan kita dari kesesatan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *