Penting! Inilah Dia Keutamaan-Keutamaan Doa

  • Whatsapp

Doa adalah pedang. Begitulah kira-kira apa yang telah banyak disampaikan oleh para pemikir islam terdahulu. Mereka beraggapan bahwa doa tak uabhnya pedang. Dengan pedang kita dapat memecah atau membelah beberapa batu sekaligus atau beberapa besi berkarat sekaligus. Namun untuk dapat membelah atau mengahncurkan beberapa besi berkarat tentu juga harus melihat dari seberapa bagus pedang itu dalm tingkat ketajaman. Pedang yang kurang bagus tentu akan kurang maksimal dalam membelah atau memecah. Ataupun sebaliknya.

Baca Juga : Doa dan Dzikir Yang Dianjurkan Di Pagi Dan Sore

Bacaan Lainnya

Karena tajamnya hunusan pedang inilah maka kami merasa tertarik untuk sedikit mengulas tentang keutamaan demi keutamaan yang ada dalam doa. Dan berikut adalah keutamaan demi keutamaan yang disebutkan dalam nash

Dari An-Nu’man bin Basyir Ra, Nabi SAW bersabda:

“Do’a adalah ibadah.”

Kemudian beliau membaca firman Allah SWT

“Rabb kalian berfirman: ‘Berdo’alah kepada-Ku niscaya akan Aku perkenankan untuk kalian. Sesungguhnya orang-orang yang sombong (enggan) untuk berdo’a kepada-Ku, mereka kelak akan masuk neraka jahannam dalam keadaan hina-dina.” [QS. Ghafir/40: 60] (HR. At-Tirmidzi, no. 3247)

Dari Abu Hurairah Ra ia berkata: “Nabi SAW bersabda:

“Barangsiapa yang tidak berdo’a kepada Allah, maka Dia akan murka kepadanya.” (HR. At-Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Dari Abu Hurairah Ra, dari Nabi Muhammad SAW beliau bersabda:

“Tidak ada sesuatu apa pun yang lebih mulia di sisi Allah daripada do’a.” (HR. At-Tirmidzi, no. 3370 dan Ibnu Majah, no. 3829)

Dari Abu Hurairah Ra bahwasanya Nabi Muhammad SAW bersabda:

“Tuhan kita tabaraka wa ta’ala turun ke langit dunia pada setiap sepertiga malam terakhir (ulama berbeda pendapat mengenai turunnya tersebut). Dia berfirman: ‘Orang yang berdo’a kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan do’anya, orang yang meminta kepada-Ku, akan Aku penuhi permintaannya dan orang yang meminta ampun kepada-Ku, akan Aku ampuni ia.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Baca juga : Keutamaan-Keutamaan Doa

Demikianlah fadhilah-fadhilah dari doa yang dapat kami sampaikan. Semoga kita selalu dalam lindungannya dan semoga kita diberi kekuatan utuk dapat mejadi hamba yangtak letih-letihnya berdoa kepada-Nya. Amiin.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *