Hebat, Tiga Santri Lamongan Ciptakan Mie Berbahan Dasar Daun Kelor

  • Whatsapp

BuletinIslam.com | Lamongan – Siapa kira Daun kelor selama ini hanya diketahui sebagai sayuran untuk makanan, Justru santri dari Lamongan, daun tersebut diolah menjadi bahan makanan berupa mi.

Tak kalah dengan kebanyakan mi yang dijual di pasaran, rasa mi daun kelor buatan santri tersebut terasa gurih dan renyah.

Bacaan Lainnya

Dikutip dari detik.com, 3 santri SMK Bustanul Hikmah Kecamatan Kembangbahu berinovasi dengan mengembangkan dan mengkreasikan daun kelor menjadi olahan mi yang siap dimakan dan tentunya kaya gizi.

Tiga santri SMK jurusan tata boga tersebut membuat olahan mi berbahan daun kelor itu yaitu Ninda Nur Safira, Aini Nurul Hidayah,dan Siti Maisyaroh.

“Daun kelor selama ini dikenal sebagai daun yang banyak memiliki manfaat untuk kesehatan dan kebanyakan hanya dikonsumsi dalam bentuk sayuran,”Ninda, Santriwati SMK Bustanul Hikmah

Menurut Ninda, ide awal inovasi mie yang berbahan dasar daun kelor tersebut berawal dari adanya pohon kelor yang tumbuh subur di sekitar kawasan pondok pesantren.

Maka, muncullah ide untuk mencoba mengganti bahan dasar mie dengan bahan yang lebih alami dan menyehatkan sehingga terciptalah ide untuk membuat mie dari daun kelor ini.

Tidak tangung-tanggung, mereka tidak asal-asalan memilih daun kelor sebagai bahan dasar, mereka sudah membaca dan mempelajari kandungan dari sayuran tersebut.

“Berdasarkan literatur, daun kelor memiliki kandungan vitamin, gizi dan zat anti oksidan. Fakta inilah yang kemudian kami kembangkan,” ujar Ninda.

menurut Ninda, Proses pembuatan mie berbahan dasar daun kelor ini cukup sederhana.

Cara Pembuatan Mie Dari Bahan Dau Kelor

Pertama, Daun kelor segar yang baru dipetik dicuci bersih untuk kmemudian dihaluskan mengunakan blender.

Kedua, Setelah halus, daun kelor yang sudah selesai diblender tersebut kemudian dicampur dengan adonan tepung dan telur serta garam secukupnya sampai adonan mengental.

“Setelah mengental, adonan kemudian digiling menjadi mi. Dan mi yang sudah jadi kemudian dimasak di dalam air yang sudah mendidih selama lima menit,”Ninda, Santriwati SMK Bustanul Hikmah

Saat disajikan, mie daun kelor inipun rasanya enak seperti mie-mie lain yang laris di pasaran.

Rasanya juga tetap gurih, renyah dan tidak terasa kelornya. Istimewanya, mie ini tetap kaya akan kandungan vitamin dan gizi yang sangat diperlukan bagi kesehatan tubuh.

Mega, sang guru pembimbing para santri ini mengatakan temuan dan inovasi yang dilakukan oleh para santri ini telah dipatenkan sebagai produk mi kelor karya santri pondok SMK Bustanul Hikmah.

Kata Mega, Inovasi tersebut tidak akan berhenti pada pembuatan mie, kini para santri juga tengah membuat olahan lain dengan tetap berbahan dasar daun kelor.

“Tidak hanya mi daun kelor saja yang dibuat, rencananya dalam waktu dekat ini pihak pondok akan membuat bakso tahu dan siomay dari bahan daun kelor yang sangat baik dikosumsi saat pandemi seperti saat ini,”Mega, Guru SMK , Bustanul Hikmah, Jurusan TataBoga

Demikian informasi 3 Santri Membuat Mie dari Bahan Daun kelor, yang bisa kami bagikan, semoga memberikan inspirasi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *