Sekilas Pengertian Kultum Dan Pidato,Tentu Saja Berbeda

  • Whatsapp
Contoh Teks Khutbah

buletinIslanm.Com | Kultum dan Pidato mungkin sudah tidak asing lagi bagi kalian semua tetapi perlu diketahui bahwasanya kultum dan pidato tidak memiliki arti yang sama.

Berikut Ini Pengerian Kultum Dan Pidato:

  1. Kultum

Meskipun berasal dari kata kuliah yang memiliki konteks sebagai pengajaran dosen di universitas, kata kultum tidak dipakai dalam konteks perkuliahan tetapi dalam konteks pengajian. Tepatnya di surau, mushola, masjid hingga masjid agung.

Tentu saja tidak persis tujuh menit. Mungkin bisa lima menit atau sepuluh menit. Seperti sudah disinggung di depan, tidak mudah bagi orang Indonesia berbicara di depan publik dalam waktu sependek tujuh menit.

Pendeknya waktu ini mengingatkan saya pada sejumlah materi di internet yang biasa didownload. Lagu, video clip, potongan film, berita TV, dan materi lain yang biasa diupload di Youtube atau 4shared biasanya memiliki rentang waktu 2—12 menit; rata-rata 7 menit.

Kultum mungkin sebuah pembicaraan, pengajaran, ataupun pengajian yang bermanfaat bagi pendengarnya; mirip seperti sekuntum bunga yang menawan bagi siapa saja yang melihatnya.

Kultum adalah bisa juga disebut dengan kuliah tujuh meneit. Kultum biasanya yang dibicarakan tentang agama khususnya agama islam.

biasanya diadakan sambil menunggu azdan atau berbuka puasa,bisa juga saat ada pengajian.Kultum hampir mirip dengan ceramah.

yaaa kira kira seperti sebelas duabelas gitu,kultum sering ditayangkan di tv dan itu biasanya disampaikan oleh seorang ustad atau ustadzah.

2. Pidato

Pidato merupakan kegiatan berbicara di depan umum untuk memberikan pendapat atau gambaran mengenai suatu hal. Dalam buku Terampil Berbahasa Indonesia: Untuk Perguruan Tinggi (2019) karya Isma Tantawi, pengertian pidato adalah menyampaikan pikiran, perasaan, dan kemauan dari seseorang kepada sekelompok orang.

Pidato juga dikatakan sebagai penyampaian pikiran secara lisan di depan penonton atau pendengar.

Tujuan pidato dapat dibagi menjadi tiga, yaitu:

Informatif

Pidato informatif bertujuan untuk memberikan informasi kepada pembaca atau pendengar. Berupa petunjuk tentang sesuatu, pengarahan tentang masalah tertentu, dan penjelasan tentang obyek tertentu.

Rekreatif

Pidato rekreatif bertujuan untuk menghibur para pendengar.

Saat menyampaikan pidato, orator perlu menyelipkan beberapa hiburan, sehingga pidato yang disampaikan dapat tercapai.

Persuasif

Tujuan pidato persuasif adalah untuk memengaruhi para pendengar. Pada saat menyampaikan informasi, orator perlu memengaruhi atau mengajak.

Sehingga informasi yang disampaikan dapat diterima dan dilaksanakan oleh pendengar dalam kehidupannya sehari-hari. Dalam mengajak dan memengaruhi pendengar, sang orator harus dapat menyampaikan bukti dan alasan yang dapat diterima. Bukti tersebut dapat berupa fakta fisik atau fakta logika.

Umumnya pidato dilakukan untuk menyatakan peristiwa atau hal yang layak untuk diperbincangkan di depan umum. Contohnya pidato tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sekitar tempat tinggal.

pidato bisa dilakukan oleh semua orang,walaupun beda agama,beda umur,dan jarang di tampulkan di tv,biassnya yang ditampilin ditv itu pidatonya presiden.

Bisa tentang agama dan bisa tentang hari nasional..bahkan sampai supaya rajin belajar.. pidato biasa dilakukan saat ada acara atau akan di adakan suatu acara..

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *