Keutamaan Bulan Muharram dan Amalannya

  • Whatsapp
Berita Bulan Muharram

BuletinIslam.Com. | Tahun Baru Islam 1443 H atau juga bisa disebut bulan muharram yang bertepatan dengan Selasa 10 Agustus 2021.

Menyemarakkan Tahun Baru Islam 2021 di saat pandemi bisa dilakukan dengan semakin meningkatkan amalan sunah.

Bacaan Lainnya

Memasuki Muharram 1443 H, selain amalan sunah puasa masih ada amalan lain dianjurkan selama Muharram.

Umat muslim mengenal bulan muharram sebagai bulan pertama yang ada di kalender hijriah atau kalender islam.
Ternyata banyak sekali keutamaan bulan muharrom.Allah melarang bagi umat muslimuntuk berbuat kerusakan pada bulan ini karena bulan ini bulan yang suci.


dalam quran surat, At Taubah,yang artinya:


Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah 12 bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram (suci). Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu.

Baca Juga:

https://buletinislam.com/pengetahuan/sejarah-singkat-dan-peristiwa-bulan-muharram/

Keutamaan bulan muharram

1.Syahrullah atau Bulan Allah

Dari Abu Hurairah radhiallahu‘anhu, Nabi SAW bersabda:
أفضل الصيام بعد رمضان شهر الله المحرم
“Sebaik-baik puasa setelah Ramadhan adalah puasa di bulan Allah, bulan Muharram.” (HR. Muslim).


Dalam Syarah Shahih Muslim, Imam An Nawawi menyebutkan bahwa, “Hadits ini menunjukkan bahwa Muharram adalah bulan yang paling mulia untuk melaksanakan puasa sunnah.”


Imam As Suyuthi menjelaskan bahwa Muharram berbeda dengan bulan-bulan lainnya. Nama-nama bulan lainnya sudah ada sejak zaman jahiliyah.

Sementara dulu, orang jahiliyah menyebut bulan Muharram ini dengan nama Shafar Awwal. Lalu saat Islam masuk, Allah SWT mengganti nama bulan ini dengan Al Muharram, sehingga nama bulan ini Allah SWT sandarkan kepada dirinya (Syahrullah).

2.bulan kemenangan nabi musa


Ibnu Abbas radhiallahu‘anhuma, beliau menceritakan “Ketika Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tiba di Madinah, beliau melihat orang-orang Yahudi berpuasa di hari Asyura’. Beliau bertanya, “Hari apa ini?” Mereka menjawab, “Hari yang baik, hari di mana Allah menyelamatkan Bani Israil dari musuhnya, sehingga Musa-pun berpuasa pada hari ini sebagai bentuk syukur kepada Allah.


Akhirnya Nabi SAW bersabda, “Kami (kaum muslimin) lebih layak menghormati Musa dari pada kalian.” kemudian Nabi SAW berpuasa dan memerintahkan para sahabat untuk puasa. (HR. Al Bukhari).


Amalan yang Bisa Dikerjakan Saat Bulan Muharram


Dilansir dari buku 12 Bulan Mulia – Amalan Sepanjang Tahun, Abdurrahman Ahmad As, 2013, ada beberapa inti pokok amalan yang bisa dilakukan oleh umat Muslim sepanjang bulan Muharram. Antara lain:

Puasa Sunnah


Umat Muslim dianjurkan untuk melakukan ibadah puasa saat bulan Muharram. Ibadah puasa dalam bulan Muharam terbagi menjadi beberapa, antara lain:
Puasa Tasu’a
Puasa Asyura
Puasa Sunnah 11 Muharram

Memperbanyak Amal Shalih
Dikarenakan besarnya pahala yang diberikan oleh Allah SWT dalam bulan Muharram dibandingkan bulan lainnya, maka selayaknya kita memperbanyak amal shalih di bulan ini.

Bentuk amalan shalihnya, antara lain: memperbanyak membaca Al-Qur’an, berzikir, puasa, sedekah, dan amalan lainnya.

Membaca doa tanggal 1 sampai 10 Muharram


Doa yang dapat dibaca:


“Ya Allah, tahun baru telah datang, aku meminta kebaikannya dan berlindung dari keburukannya, maka jagalah aku dari godaan setan. Ya Allah ! Engkau telah menjadikan setan sebagai musuhku yang tahu akan kelemahan-kelemahanku, setan dapat melihat aku namun aku tidak dapat melihatnya. Maka jadikanlah setan putus asa untuk menggodaku dan janganlah Engkau jadikan ia penghalang ampunan-MU. Engkau Zat Yang Maha Kuasa.”
Demikian tadi ulasan singkat mengenai keutamaan bulan Muharram dan amalan-amalan yang bisa dilakukan oleh umat Muslim. Semoga bermanfaat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *