Dikalangan pesantren, Kitab Fathul Qarib, mungkin satu-satunya kitab fikih yang hampir pasti dipelajari dan ditelaah.
Ada banyak deretan nama-nama tokoh yang kerap menghiasi literatur keislaman khususnya dibidang fikih, sebut saja, al-Imam Nawawi, Imam Rafi;i, Imam Ramli, dan Imam Ibnu Hajar al-Haitami,
Karya-Karya Imam Ibnu Hajar al-Haitami
- 1.Hadhramiyyah dalam fikih mazhab syafi’i
- 2. Syarh al-‘Ubab yang bernama Al-I`ab wa Tahdziru ats-Tsiqat ‘an Akli al-Kaftati wa al-Qat
- 3. Syarh sedikit dari Alfiyah Ibnu Malik
- 4. Syarh Mukhtashar Abi al-Hasan al-Bakri dalam bidang fikih
- 5. Syarh Mukhtashar ar-Raudh wa Manaqib Abi Hanifah
- 6. Al-Idhah wa al-Bayan lima Ja`a fi Lailatai ar-Ragha`ib wa an-Nishf min Sya’ban
- 7.Ithaf Dzawi al-Marwah wa al-Inafah lima Ja`a fi ash-Shadaqah wa adh-Dhiyafah
- 8. Mablagh al-Arab fi Fakhri al-‘Arab
- 9.Dar al-Ghamamah fi Durri ath-Thailsan wa al-‘Adzbah wa al-‘Imamah
- 10. Tanbih al-Akhyar ‘ala Mu’dhalati Waqa’at fi Kitabai al-Wazha`if wa al-Adzkar
- 11.Syarh al-Misykat
- 12. Syarh al-Minhaj yang bernama Tuhfatu al-Muhtaj bi Syarhi al-Minhaj
- 13. Dua Syarh atas kitab al-Irsyad
- 14. Syarh al-Hamziyyah al-Bushiriyyah
- 115.Ash-Shawa’iq al-Muhriqah ‘ala Ahli ar-Rafdhi wa adh-Dhalali wa az-Zanadiqah
- 16. Kaffu ar-Ri’a` ‘an Muharramat al-Lahwi wa as-Sima
- 17. Az-Zawajir ‘an Iqtirafi al-Kaba`ir
- 18.Nashihatu al-Muluk
- 19.Syarh Alfiyyah Abdullah Bafadhal al-Haj yang bernama Al-Manhaj al-Qawim fi Masa`ili at
- 20. Ta’lim wa al-Ahkam fi Qawathi’i al-Islam merupakan Syarh dari al-Muqaddimah al
- 21.Tathhiru al-Jinan wa al-Lisan ‘an al-Haudhi wa at-Tafwah bi Tsalbi Mu’awiyyah bin Abi Sufyan
- 22. Al-Qaul al-Mukhtashar fi ‘alamat al-Mahdi al-Muntazhar
- 23. Al-Fatawa al-Fiqhiyyah al-Kubra
- 24. Al-Fatawa al-Haditsiyyah
- 25. Al-Ifshah ‘an Ahaditsi an-Nikah
- 26.Al-I’lam bi Qawathi’i al-Islam
Ke-26 karya diatas tentu yang saat ini ditemukan, belum lagi risalah-risalah beliau yang belum ditemukan. Dan yang jelas, dilihat dari karyanya yang cukup banyak dan mencakup diragam keilmuan, hal tersebut sebagai tanda tingkat keilmuan yang tinggi.
Sehingga dapat dimaklumi, buah dari karya-karyanya banyak menghiasi perpustakaan keilmuan di lembaga-lembaga Islam.